ESSENTIAL OIL EXPIRY DATE

expiry

Pertanyaan yang umum ditanyakan sebelum membeli produk :  Kapan & berapa lama (essential oil) bisa disimpan dan digunakan sebelum expired / rusak?

Essential oil tidak mempunyai expiry date , dengan catatan essential oilnya murni, natural dan bukan buatan laboratorium. Essential oil dapat terjaga kualitasnya selama bertahun-tahun jika disimpan dengan baik dalam kemasan tertutup rapat, berwarna gelap, suhu ruangan yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung.
Hal ini dikarenakan essential oil tidak mengandung FATTY ACIDS (asam lemak) yang dapat menurun kualitas nya seiring waktu, berubah warna atau baunya.

Pengecualian untuk Citrus essential oil (orange, lemon, tangerine, lime, grapefruit, jade lemon dll) yang didapatkan dari proses cold press. Essential oilnya berasal dari kulit buah jeruk-jerukan yang dapat mengandung jejak-jejak protein, yang dapat mengalami perubahan senyawa kimia dan menurun kualitasnya jika disimpan terlalu lama. Protein mempunyai ukuran molekul yang besar dan tidak tahan panas, tidak dapat bertahan melewati proses distilasi karena itu tidak ditemukan dalam essential oil yang didapat dari steam distillation. Citrus oils sebaiknya digunakan dalam waktu maksimal 2(dua) tahun setelah dibuka, untuk mendapatkan manfaat optimalnya.

Beberapa essential oil  mempunyai ukuran molekul kecil & ringan (seperti Frankincense), dapat menguap secara perlahan jika tidak ditutup dengan rapat. Penguapan beberapa molekul yang paling ringan dapat menyebabkan perubahan aroma, namun essential oilnya tetap dapat dipergunakan.

CARRIER OIL
Minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, dll yang biasanya digunakan sebagai minyak pelarut mempunyai kandungan fatty acids (asam lemak) , dapat berubah warna, aroma dan menurun kualitasnya jika disimpan terlalu lama. Minyak dengan kandungan asam lemak tidak mudah menguap walaupun kita biarkan di permukaan terbuka dalam waktu cukup lama. Karena itu baik digunakan sebagai medium agar essential oil bertahan lebih lama di permukaan kulit, menyerap lebih perlahan, juga mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit.

Kualitas & jenis minyak pelarut sangat berpengaruh terhadap manfaat yang ingin didapatkan dari essential oil. Selalu gunakan minyak pelarut organik dan perhatikan tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan.

Untuk blend oil yang sudah dicampur dengan pelarut , berlakukan cara penyimpanan dan penggunaan yang sama dengan carrier oilnya. Contoh blend oil yang mengandung pelarut : Aroma Life, Valor, Kidscents oils, Tranquil, Deep Relief, dll.

Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *