HOMEOSTASIS & ESSENTIAL OIL

homeo-stasis

I write this because I was sleepy, but didn’t want to nap. I took 1 tube of Nitro to perk me up, but then I yawned every 20seconds ?

Apa sih HOMEOSTASIS itu?
Secara sederhana (pengertian awam saya), homeostasis merupakan kondisi / kemampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan / fungsi normal sistem tubuh.

Contoh :
– Rata-rata suhu tubuh normal tubuh manusia adalah 36-37 derajat Celcius. Ketika kita berolahraga, suhu tubuh kita akan meningkat dan walaupun kenaikannya kurang dari 1 derajat, kita akan mulai berkeringat. Dengan berkeringat, tubuh kita berusaha untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal kembali. This is homeostasis.
– Kadar gula darah manusia dijaga keseimbangannya dengan adanya insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin mengubah gula (glukosa) menjadi energi dan menyimpan kelebihannya di dalam liver untuk digunakan ketika diperlukan. Ketika kadar gula meningkat, pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini untuk menjaga kondisi homeostasis.

Kondisi homestasis tubuh dikoordinasikan terutama oleh sistem saraf dan sistem endokrin (hormon). Pengaturan suhu tubuh, tekanan darah, pH, dan kadar gula darah merupakan contoh bagaimana tubuh mempertahankan homeostasis.

Essential oil yang kita gunakan, selalu bekerja sesuai dengan kondisi homeostasis tubuh kita. Homeostasis setiap orang berbeda-beda ditentukan oleh umur, jenis kelamin, ukuran tubuh, kondisi geografi, bahkan waktu (pagi-siang-malam) dan temperatur. Karena itu, apa yang efektif untuk saya, belum tentu efektif untuk orang lain, dsb. Essential oil mengandung molekul yang “hidup” dan memiliki intelegensi, seringkali memiliki manfaat yang terkesan bertolak belakang. Ketika digunakan, essential oil akan berkomunikasi dengan tubuh kita dan hanya akan memberikan apa yang kita perlukan.

Contoh :
1. My personal favorite oil adalah Stressaway, merupakan kombinasi dari Lavender, Cedarwood, Copaiba, Ocotea, Vanilla & Lime. Ketika kita gunakan saat lelah dan kurang istirahat, Stressaway will help you rest / sleep. Ketika digunakan dalam keadaan cukup istirahat namun tidak bersemangat, Stressaway will help uplifts your spirit. Tidak percaya? Coba sendiri yah ?

2. Ledum, HA! Kalau teman-teman pernah membaca resep-resep untuk (petrochemical) weightloss, Ledum adalah salah satu essential oil yang disarankan. Dua bulan yang lalu, saya mulai menggunakan Ledum karena iseng dan ingin tahu how it works with my body. Setelah 1 bulan of intense oiling dengan Ledum, guess what, I gained weight. Padahal makannya tidak bertambah, malah cenderung berkurang. Why I gained weight? All my life, saya selalu masuk kategori underweight. Setelah Ledum membantu membersihkan liver, nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh terserap dengan lebih baik. Selain peningkatan berat badan ( ngga banyak sih..), saya juga merasa pikiran menjadi lebih jernih dan fokus lebih baik.

3.Peppermint & Ningxia Nitro. Seperti yang saya sebutkan diawal, saya sangat mengantuk tapi tidak ingin tidur. Minum 1 tube Ningxia Nitro, bukannya segar malah jadi tambah mengantuk. Sama dengan Peppermint, yang biasanya menyegarkan ketika digunakan. Saya pernah beberapa kali mencoba Peppermint untuk “mencurangi” tubuh yang sedang lelah. Not effective , my friend! Yang ada saya jadi menguap terus-menerus dan akhirnya tidur beneran ?

4. Helichrysum diketahui sebagai salah satu essential oil yang mendukung sirkulasi darah. Ketika anak terjatuh/ terbentur, helichrysum saya gunakan agar sirkulasi darah di bagian tubuh tsb tetap lancar tidak menggumpal (jadi biru lebam). Namun saat anak terluka dan berdarah, selain Lavender, Helichrysum adalah essential oil yang saya gunakan agar tidak pendarahannya tidak berlebihan. Helichrysum juga mendukung regenerasi sel & jaringan yang sehat.

5. Pernah dengar pakai Digize oles searah jarum jam atau berlawanan jarum jam? Mau ikut cara oles demikian atau tidak, Digize membantu melancarkan aktifitas pencernaan atau ‘mengerem” yang terlalu aktif , tergatung apa yang diperlukan tubuh kita saat itu

Ketika menggunakan essential oil, setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda. There is no 1 oil that is perfect for everyone or every case. Jika tidak punya essential oil yang disarankan, gunakan apa saja yang kamu punya dan perhatikan respon tubuh. Jangan takut mencoba, as long as you use it safely & with responsibillity. The oils will know what to do.

Dan jangan sayang-sayang buka botol yang baru karena “Mahal!!” yah… Your health is the true wealth ?

 

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *