ESSENTIAL OIL OVERDOSE

overdosis-eo

 

Bisakah kita mengalami overdosis ketika menggunakan essential oil? Jawabannya adalah IYA dan TIDAK.
Essential oil sangat potent dan harus digunakan dengan berhati-hati. Ketika digunakan dengan baik & bertanggung jawab, bisa dikatakan tidak ada resiko overdosis.

1. Kapan essential oil bisa dianggap overdosis dan apa resikonya?
– Secara sederhana, overdosis dapat terjadi ketika seseorang (bayi, anak maupun dewasa, hewan) menggunakan essential oil terlalu banyak pada satu waktu, atau menggunakan secara berlebihan dalam waktu panjang dan berketerusan.
Seringkali, reaksi detoks disalahartikan sebagai reaksi overdosis.

2. Berapa tetes yang dianggap terlalu banyak (overdosis) bagi setiap orang berbeda-beda dan tidak dapat dibandingkan.
Menurut dr. Peter Minke, panduan aman menggunakan essential oil adalah 1 tetes untuk setiap 10kg berat badan. Ini merupakan panduan yah, setiap orang dapat menggunakan lebih atau kurang dari panduan tsb, mengikuti respon tubuh masing-masing. Kita disarankan untuk selalu memulai dengan kuantiti terkecil dan encerkan. Setiap orang juga memiliki sensitifitas yang berbeda terhadap berbagai essential oil, so ALWAYS observe & pay attention to your body response.
Use our common sense, Young Living bahkan juga memiliki essential oil blend dengan nama tersebut ?

3. Good to know : Lethal Dose
– Menurut Pacific Institute of Aromatherapy, beberapa essential oil mempunyai kandungan yang dapat mematikan jika digunakan dalam dosis tertentu (lethal dose)FYI, essential oil yang termasuk ke golongan ini tidak untuk digunakan oleh publik dan tidak tersedia untuk dibeli dari Young Living.
– Patokan Lethal Dose (LD, dosis yang mematikan) dalam penggunaan essential oil adalah 1 gram per 1 kilogram berat badan.
Setiap essential oil mempunyai angka LD yang berbeda-beda. Ada yang kurang dari 1 gram (sangat beracun), ada pula yang lebih dari 8gram per kilogram berat badan. Lethal Dose ini berdasarkan / berlaku hanya untuk EO yang benar-benar natural, tanpa tambahan zat kimia buatan, tidak terkontaminasi dsb.

Sebelum panik dan kebingungan, contoh untuk memperjelas adalah sebagai berikut :
Jika seorang dewasa memiliki berat badan 70kg, dosis yang mematikan bagi orang tersebut adalah 70gram (essential oil). 70 gram essential oil sama dengan 70ml.
Apakah kita menggunakan 70ml essential oil sekaligus pada 1 waktu? Tentu saja tidak!

4. Di poin (1), disebutkan tentang penggunaan essential oil yang berkepanjangan. Apa maksudnya?
Maksudnya adalah ketika seseorang menggunakan 1 jenis essential oil terus menerus secara konsisten, rutin setiap hari dalam waktu panjang dan tanpa diselingi hal lainnya (aktifitas normal seperti makan, minum, buang air, olahraga dan berkeringat). Which is you know, very unlikely.
Essential oil yang murni & natural, dapat diproses dengan baik oleh sistem tubuh manusia & hewan yang normal. Sisa komponen yang tidak terpakai akan dikeluarkan oleh tubuh dalam waktu beberapa jam.

Jadi, perlukah kita panik ketika mendengar tentang overdosis atau keracunan essential oil?
Tidak perlu. Tapi baca dan saring beritanya dengan benar, ambil hikmahnya dengan bijaksana yah.
Gunakan essential oil dengan bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat!

 

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

4 thoughts on “ESSENTIAL OIL OVERDOSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *