Adakah Vitamin di dalam Essential Oil?

vitamin-protein

Apa saja yang kita dapatkan dari essential oil yang kita gunakan setiap hari?
1. Oksigen & Antioksidan
2. Berbagai zat alami (monoterpenes, sesquiterpenes, phenols dsb)
3. Frekuensi

Walaupun didapatkan dari tumbuh-tumbuhan dan buah, essential oil TIDAK mengandung VITAMIN, PROTEIN & ENZIM yang diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh dan fungsi metabolisme.

1. Protein dan Enzim
– Protein dan enzim mempunyai ukuran molekul yang sangat besar yang tidak dapat melewati proses penyulingan bahan mentah menjadi essential oil. Ukuran molekul yang dapat melewati distilasi biasanya berkisar hingga 500 Amu (atomic mass unit – satuan massa atom), sedangkan protein dan enzim memiliki berat molekul yang berkisar di atas 10.000Amu.
Sebagai contoh, Amilase (enzim yang diperlukan untuk mencerna gula) memiliki berat molekul sekitar 45.000Amu. Kebanyakan protein lain mempunyai massa yang jauh lebih berat dari itu. Dalam proses penyulingan, suhu yang tinggi memecah protein dan enzim, karena itu essential oil yang disuling tidak mempunyai kandungan protein dan enzim.
-Beda halnya dengan essential oil yang diperoleh melalui proses cold-press, seperti Citrus essential oil  yang didapatkan dari kulit buah jeruk-jerukan seperti lemon, lime, grapefruit, tangerine, dsb. Citrus essential oil  dapat mengandung jejak protein (sangat sedikit), namun protein tidak berpartisipasi dalam penyembuhan karena mereka tidak bisa menembus kulit, menembus sel-sel, atau beredar di jaringan tubuh seperti halnya molekul-molekul lain yang berukuran kecil. Ketika kita menggunakan essential oil dari buah jeruk-jerukan, jejak protein inilah yang biasanya menyebabkan gejala sensitifitas (gatal-gatal pada kulit, seperti reaksi alergi)

2. Vitamin
Secara teori, vitamin dapat ditemukan dalam essential oil karena berat molekul beberapa vitamin (seperti vitamin A, C, dan E) kurang dari 500Amu. Vitamin lain, seperti B dan D, memiliki berat molekul yang lebih besar. Vitamin B12 memiliki berat molekul 1355Amu, vitamin D memiliki berat molekul 793Amu. Namun, walaupun beberapa vitamin bisa melewati proses distilasi karena bobot mereka kurang dari 500 Amu, jumlahnya yang tidak cukup signifikan untuk dianggap sebagai zat aktif.  Jadi, essential oils tidak dapat dianggap / digunakan sebagai sumber vitamin.

sumber : dr. David Stewart (raindroptraining.com)

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *