Pengantar: Posting ini bersifat informatif. Setiap orang mempunyai pandangannya masing-masing mengenai produk apa yang ingin digunakan dan bagaimana menggunakannya. Harap diingat jika essential oil bersifat sangat konsentrat, gunakan dengan sangat hati-hati baik untuk dewasa maupun anak-anak, sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Mungkin banyak teman-teman yang bertanya-tanya tentang penggunaan essential oil dengan cara internal (ditelan). Walaupun tidak terdengar oleh kita disini, cara ini sangat umum digunakan oleh orang-orang di Perancis (negara darimana cara ini diadaptasi) sampai sekarang. Berbagai kapsul berisi essential oil mudah ditemukan dan didapatkan dari farmasi-farmasi disana.

Again, kembali ke individu masing-masing nyaman atau tidak untuk menggunakan essential oil dengan cara ini. Saya pribadi termasuk yang merasa nyaman dengan ingestion, but exclusively YLEO only. Thanks to openly shared YL Seed to Seal process!

Untuk penggunaan essential oil secara internal, food grade saja tidaklah cukup. Sudah menjadi rahasia umum, jaman sekarang hampir semua bahan makanan diproses menggunakan pewarna, pengawet, perasa, pewangi yang dianggap berbahaya. Belum lagi  lain seperti pestisida, GMO dsb yang biasanya tidak tercantum di label.Ttapi tetap bisa dipasarkan sebagai bahan makanan dan kita konsumsi tanpa banyak tanya karena adanya label food grade.

Di Amerika, Young Living terdaftar sebagai produk suplemen. Di kemasannya terdapat label supplement facts dan petunjuk penggunaan internal. Karena kebijakan setiap negara berbeda-beda, di luar Amerika Young Living terdaftar sebagai kosmetik, memiliki label dan petunjuk penggunaan yang berbeda. Walaupun demikian, semua produk Young Living di seluruh dunia berasal dari tempat yang sama dan diproses dengan cara yang sama pula.

Kembali ke penggunaan secara internal, berikut adalah beberapa cara yang umum digunakan:

1. Cara yang paling umum adalah dengan meneteskan ke air minum/ jus, susu almond, rice milk, madu atau agave syrup.

– Young Living memiliki produk dengan label Vitality seperti Lemon, Citrus Fresh, Grapefruit dll yang menandakan jenis-jenis essential oil yang tergolong GRAS (Generally Regarded as Safe) dan dapat digunakan secara internal.
– Selalu mulai dari kuantitas kecil ( 1-2 tetes). Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari tergantung keperluan. Perhatikan respon tubuh masing-masing. Jika ingin menambah kuantitasnya, lakukan secara bertahap.
– Gunakan sebagai perasa pada masakan. Jika digunakan dalam masakan yang masih sangat panas, sebagian besar molekul essential oil akan menguap dan mengurangi efek terapeutiknya. Tidak berarti menjadi sia-sia, karena menurut saya masih lebih baik dibanding menggunakan bermacam-macam perasa sintetis. Essential oil juga bisa digunakan sebagai campuran salad dressing, atau icing pada kue.

Note : air dan essential oil tidak dapat bercampur dengan baik, gunakan sedikit essential oil dalam wadah kaca atau stainless, aduk dan segera minum. Jangan gunakan wadah plastik.

2. Menggunakan kapsul
– Gunakan saat kita ingin mengkombinasikan beberapa essential oil untuk penggunaan internal atau ditujukan untuk saluran pencernaan.
– Jika essential oil  yang digunakan tergolong panas/ pedas, campurkan dengan carrier oil (minyak pelarut) di dalam kapsul.
– Young Living juga memiliki berbagai suplemen dengan kandungan essential oil yang praktis digunakan dan tentu saja aman. Hampir semua produk & suplemen dari YL mengandung essential oil.

3. Sublingual (tetes dibawah lidah)

– Dalam waktu beberapa detik, essential oil yg kita teteskan akan langsung menyebar ke pembuluh darah di seluruh tubuh
– Jumlah essential oil  yang digunakan lebih sedikit dibandingkan menggunakan kapsul. Jika menggunakan kapsul bisa 5 tetes, sublingual cukup 1-2 tetes. Dengan cara ini essential oil langsung masuk dan berkerja ke pembuluh darah. Jika kita telan menggunakan kapsul, normalnya kapsul akan pecah dan berinteraksi dengan asam tubuh/ lambung sebelum menyebar keseluruh tubuh (but again tergantung sasarannya kemana ya).
– Selain sublingual, kita juga bisa mengoleskan EO pilihan di bagian dalam pipi, atau ditekan ke langit-langit mulut menggunakan jempol tangan.

Caranya : teteskan EO di telapak tangan, lalu gunakan jari untuk mengambil dan mengoleskan oil.

Ingat yah untuk selalu berhati-hati & menggunakan essential oil  dengan bertanggungjawab, semoga bermanfaat!

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.






X