I left my kids with their daddy for 2 days and these things happened…

screen-shot-2016-10-05-at-10-46-29-pm

(For English, read here)

Weekend minggu lalu merupakan hari “bersejarah” buat keluarga saya, karena untuk pertama kalinya meninggalkan 2 anak hanya dengan suami di rumah sementara saya ke Jakarta untuk kelas. Fakta bahwa suami bersedia ditinggalkan sendirian dengan 2 bocah itu (beliau menawarkan diri tepatnya) buat saya RUAAAAR BIASA, dan akan saya ceritakan alasannya lain waktu  (berhubungan dengan AFT / Aroma Freedom Technique). Kali ini, saya ingin cerita dulu tentang oiling routine yang dilakukan suami selama 2 hari tsb.

Sebelum berangkat, saya menyiapkan beberapa EO untuk digunakan di rumah :
1. Peace & Calming dan Joy, untuk digunakan oleh bapak & anak setiap hari, dioleskan seperlunya atau ketika ingat. Dua EO ini menurut saya merupakan oil wajib untuk  menjaga keharmonisan rumah tangga & juga mencegah terjadinya kejadian traumatis yang tidak diinginkan (misalnya anak rewel jadi trauma kena bentak, suami trauma ditinggal sendirian dengan 2 anak) ?
2. Lavender & Tranquil, untuk digunakan sebelum tidur supaya anak-anak KO lebih cepat ?
3. Idaho Blue Spruce, RC, Eucalyptus Blue, Copaiba, blend untuk batuk & campuran Balsam Fir-Frankincense-Copaiba yang sudah dipakaikan roller fitment.
4. RDT oils, untuk digunakan jika perlu.Dua hari sebelum saya berangkat, anak yang kecil agak sumeng & tidak enak badan. Setelah diminyaki dengan intensif selama 1 harian, kondisinya langsung mendingan.  Hari pertama saya pergi, badannya agak hangat lagi walaupun sangat ringan. Lewat whatsapp, saya memberi instruksi kepada suami untuk mengoleskan Idaho Blue Spruce & Copaiba di telapak kaki, ubun-ubun dan tulang belakangnya.
I have no idea berapa kali pengolesan diulangi. Yang saya tahu pasti, suami saya sangat berhati-hati ketika menggunakan essential oil. So I have no worry kalau beliau akan mengoleskan EO di badan anak seperti mengoleskan minyak gosok. I also want to brag a bit, that my husband is very well trained in RDT for wife & kids 😉 Jadi saya juga tidak bertanya dengan terlalu detail apa saja yang dilakukan.
Apparently, the first day went smoothly. Sempat dikirimi foto-foto pula di pagi hari dan sore hari ketika ada double rainbow di Singapore =).

Hari kedua, semua lancar-lancar sampai saatnya makan malam. Sepertinya anak yang kecil mengantuk, jadi suami saya memutuskan untuk memesan food delivery supaya tidak perlu keluar. Setelah makan, maybe almost instantly suami merasa tenggorokan jadi tidak nyaman. Suami berinisiatif untuk mengoleskan RC & Copaiba di leher dan dada anak-anak. Lalu diberi Ningxia dan madu. Again, saya tidak tahu berapa kali penggunaan EO diulangi.
Ketika tengah malam saya pulang, anak-anak sudah tidur dengan nyenyak, tidak ada suara batuk atau keluhan lain sampai keesokan harinya.

Mungkin teman-teman berpikir bahwa suami saya sangat supportif soal oiling, sampai bisa RDT dan inisiatif oles-oles sendiri. Yes, he is now very supportive with oiling. Tapi ketika saya baru memulai, suami sangat skeptis dan selalu menolak dipakaikan EO dengan berbagai alasan : kulit sensitif, sugesti , kemakan iklan dsb. Tapi melihat hasil penggunaan pada anak (anak-anak ga ngerti sugesti yah!), pelan-pelan beliau mulai terbuka dan bersedia untuk mencoba menggunakan essential oil. Cobanya sedikit-sedikit, hanya mau menggunakan EO itu-itu saja dan hanya saat dia kepepet ngga enak badan. Sekarang, selain punya rutinitas oilingnya sendiri, he actually enjoys RDT & Aromalift massage setelah merasakan manfaat penggunaan EO untuk kesehatan fisik dan mental.Saya menulis cerita ini as encouragement, buat teman-teman yang ingin mengenalkan EO ke suami dan keluarga dekat (terutama orang tua) agar tidak mudah putus asa walaupun ditolak-tolak terus. Jika kita sudah merasakan manfaatnya, just keep on using the oils on yourself first dan mudah-mudahan suatu hari mereka akan tergerak hatinya untuk mencoba. Saya menemukan bahwa ilmu yang saya dapatkan dari kelas-kelas produk juga sangat membantu dalam menyakinkan suami. Suami suka membaca dan membagikan apa yang ia pelajari kepada saya. In return, apa yang saya pelajari tentang EO dari kelas dan buku suka saya ceritakan di rumah and he actually paying attention to that.

whatsapp-image-2016-10-05-at-10-55-24-pm

Kesimpulan dari meninggalkan 2 anak dan 1 bapak di rumah? It was a GREAT experience, jauh melebihi apa yang saya bayangkan. Saya merasa tenang selama bekerja di Jakarta, suami dan anak get to enjoy their quality time together too. Family new level, unlocked! =)

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *