BREAKING BAD*

breakingbad

As long as I can remember, setiap cuci piring tangan saya akan mulai pecah-pecah, bengkak dan luka terbelah semacam korban kekerasan rumah tangga. Biasanya ketika ngobrol soal beginian dengan keluarga dan teman, pas ada yang senasib kita dengan ‘bangga’ akan bilang, “Tangan rangkayah sih ya, ga boleh cuci piring.”

Walaupun cuma bercanda, sakitnya tangan bengkak dan luka-luka itu sangat tidak lucu. Karena itu saya paling malesssss kalo mesti cuci piring, walaupun buat saya cuci piring itu terapeutik seperti menyikat lantai. Ketika cuci piring, saya sedikiiit OCD – menggunakan planning dan strategi. Piring dicuci dengan urutan mundur supaya pas dibilas dan disusun langsung rapih dan irit tempat. Puasss rasanya! (halaaaah!!!)

Karena tangan bengkak melulu, plus beberapa tahun lalu K.O kecapean dan masih punya anak bayi, akhirnya kita memutuskan pakai jasa live-in helper. I never have to wash dishes again, kecuali hari Minggu saat pembantu off. 
Beberapa bulan yang lalu, ketika Thieves Dish Soap masuk ke Singapore, saya sedikit ragu ketika mau mencoba, soalnya si Mbak kalo cuci piring, ganas booow pake sabunnya. Piring bersih, dompet juga bisa ikutan bersih ??.

Tapi karena anak yang kecil (baca: bayi diatas ??) mulai kepo dan ingin ikutan cuci piring, akhirnya saya coba beli 1 botol Thieves dish soapnya untuk dia gunakan saat “training” ?

dish-soap

Verdict: tekstur sabunnya sangat light (encer), busanya cukup (setelah didiamkan lama mesti diaduk-aduk lagi supaya busanya mengembang) dan bersihlah ya pastinya, plus pemakaiannya irit kalo buat saya (1 botol seperti di foto hampir 1,5 bulan).  Untuk bekas masakan yg berminyak, biasanya saya tambahkan sedikit Thieves Household cleaner dan baking soda. Sangat aman di tangan, jadi saya bisa dengan santai cuci piring dan juga tidak khawatir ketika si kecil ingin ikutan nyuci (which  is sangat musiman dan sekarang kalo dimintain tolong malah males, huuuu!).

contoh

Foto diatas, adalah foto yg saya ambil awal bulan tadi tanggal 2 oktober. Luka hasil cuci piring 1 minggu sebelumnya dan sudah mendingan walaupun masih nyut-nyutan. Jadi saya ceritanya centil mau menghabiskan sisa mami jeruk untuk bersih-bersih dapur (sekarang udah ngga ada mbak). Ga pake lama, hari ini pake – besokannya tangan langsung bengkak dan kulit terbelah. Karena tidak saya pakaikan plester, lukanya jadi lama baru membaik. Gara-gara kejadian terakhir itu, sekarang saya mulai menggunakan sarung tangan kalau mau mulai cuci-cuci pakai si mami. Begitu habis, ga perlu deh beli lagi. Di kantong sih memang lebih terjangkau, tapi … #sakitnyatuhdisini #angkattangan.

Anyway, kenapa tangan bisa pecah-pecah, bengkak dan terbelah karena deterjen, pasti teman-teman tahu alasannya. Kalau kata ibu-ibu jaman dulu, sabunnya keras, sodanya banyak, dsb dsb. Intinya, deterjen tsb mengandung banyak bahan kimia yang bisa menyakiti tubuh kita ngga cuma sebatas tangan tapi juga sampai ke liver. Apalagi buat yg suka pake sabun dengan busa super banyak, entah apa saja yang dicampurkan ke dalamnya. Sudah beberapa merk sabun cuci piring yang saya coba, pengaruhnya ke tangan beda-beda tipis karena ujungnya tetap terluka. Thieves dish soap terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan, dan selain mengandung Thieves, juga mengandung Bergamot & Jade Lemon  essential oil.

Kalau teman-teman ingin mencoba Thieves Dish soap, selain membeli bisa loh menggunakan point rebate untuk mendapatkannya secara gratis.  Apalagi sekarang point rebate dinaikkan menjadi 25%, asik kan!!! ☺

Additional tips buat teman-teman yang ingin membuat sabun cuci piring sendiri, bisa menggunakan castile soap + Thieves Household Cleaner + essential oil pilihan kita. Takaran (resep ngarang) yang saya gunakan kira-kira 50ml  castile soap + 250ml air + 2 tutup botol Thieves HHC + 10-20 tetes EO seperti lemon, lime atau Digize (untuk menghilangkan bau-bau masakan yang susah hilang). Resep yang sama juga saya gunakan untuk membuat sabun cuci tangan sendiri, tapi menggunakan lebih sedikit Thieves HHC dan ditambah EOnya.  Semoga berguna yah…

*Cerita ini ngga ada hubungannya sama sinetron bule yang jualan narkoba itu yah… kita jualan dish soap sajah!?

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *