Mengapa Perlu (Colon) Cleanse?

Cleansing Trio

Produk-produk suplemen dari Young Living terbagi menjadi 3 kategori : Detoks, Nourish (Nutrisi) dan Preserve (Pemeliharaan).
I used to underestimate detox, karena berpikir dengan pembuangan setiap hari satu kali artinya tubuh saya cukup bersih, sehat dan tidak perlu melakukan usaha tambahan.  Sampai saat saya mengenal Young Living, mengikuti kelas-kelas dan mulai membaca (dengan ogah-ogahan lalu kepincut) buku tentang Cleansing yang direkomendasikan oleh Deny Sentosa, Inner Transformation Using Essential Oil oleh Dr. LeAnne & David Deardeuff.

Cleansing utama yang dibahas di dalam buku tersebut adalah Colon Cleanse (pembersihan usus). Karena 70-80%  daya tahan tubuh kita bergantung pada pencernaan, dan usus merupakan bagian terbesar dari sistem ini.
Colon Cleanse diperlukan untuk membantu meluruhkan dan mendorong keluar sisa-sisa makanan dan zat-zat lain yang tidak terserap oleh tubuh, yang tidak dapat dibuang melalui pembuangan sehari-hari serta menunjang fungsi usus yang sehat.
Akibat usus yang tersumbat, tubuh kita tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik, bahkan menciptakan tempat bersarang bagi parasit dan bibit penyakit. Seringkali bakteri dan parasit yang mengendap berhasil “melubangi” usus kita, keluar dari usus, menyebar dan menyerang organ tubuh yang lain.

Usus dilapisi oleh kelenjar lendir, berfungsi melapisi dinding usus agar pergerakan makanan dapat terjadi dengan mudah. Beberapa jenis makanan seperti susu , menyebabkan kelenjar tersebut memproduksi lendir secara berlebihan dan ketika kita mengkonsumsi makanan lain seperti tepung, terbentuklah cairan yang lengket (seperti adonan kue/ roti). Karena suhu panas dalam usus kita, secara perlahan adonan tersebut akan terpanggang dan menjadi keras, melapisi dinding usus, mengganggu gerak peristaltis dan mengurangi daya serap. Jika lapisan ini menjadi semakin tebal, usus menjadi sempit dan terjadilah konstipasi , dan merambat pada keluhan-keluhan lain.

Cara-cara yang sering digunakan untuk membantu memperlancar pembuangan misalnya:
1. Laxative (obat pencahar), bekerja dengan cara merelaksasi dinding usus ( tidak banyak gerak peristaltik) dan mengencerkan feses agar mudah keluar.
2. Enema dan hydrocolonic treatment

Cara-cara diatas tidak dapat dan tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering, karena dapat mengganggu ritme kerja usus dan dalam jangka panjang tubuh kita dapat mengalami ketergantungan.
Ada banyak cara natural dan sehat lainnya yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan usus, misalnya dengan berpuasa secara teratur. Kali ini saya  merangkum salah satu cara colon cleanse menggunakan Cleansing Trio ( Comfortone, Detoxzyme/ Essentialzyme dan ICP) dari Young Living.

Tujuan akhir dari Colon Cleanse adalah untuk mengeluarkan lapisan hitam, yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang telah sangat lama menempel dan membusuk di dinding usus. Untuk mencapai hal ini, diperlukan beberapa siklus Colon Cleanse , masing-masing selama 2 minggu. Diantara setiap siklus, diperlukan jeda minimal 2 minggu untuk kita beristirahat atau lebih lama jika diperlukan, sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

COMFORTONE IS THE BROOM AND ICP IS THE SCRUB.
1. Comfortone, berbentuk kapsul, membantu kita untuk memiliki pembuangan yang lancar dan teratur.
-Gunakan Comfortone mulai dari 1 kapsul di pagi hari pertama, dalam keadaan perut kosong. Umumnya, dalam waktu kurang dari 1 jam kita akan memiliki dorongan untuk buang air besar.
– Hari ke-2, gunakan 1 kapsul di pagi hari, dan 1 kapsul di malam hari sebelum tidur.
– Hari ke-3, gunakan 2 kapsul di pagi hari, dan 1 kapsul di malam hari sebelum tidur.
– Hari ke-4, gunakan 2 kapsul di pagi hari dan 2 kapsul di malam hari, dst hingga kita melakukan pembuangan dengan lancar & normal 2-3kali sehari.

Jika kamu mencapai pembuangan lancar & mudah 2-3 kali sehari pada hari ke 6, pada hari ke-7 hingga ke-14, gunakan 3 kapsul Comfortone masing-masing di pagi dan malam hari hingga hari ke -14, bersama dengan Detoxzyme /Essentialzyme dan ICP. Minum lebih banyak air untuk membantu proses ini.

2. Detoxzyme (kapsul) / Essentialzyme (tablet)
Karena kurangnya enzim alami dari makanan yang kita konsumsi di jaman sekarang, suplemen enzim menjadi salah satu kebutuhan yang tidak dapat kita abaikan. Gunakan Essentialzyme atau Detoxzyme mulai dari hari pertama, 1-2 kapsul diantara jam makan untuk membantu proses pencernaan makanan & menjaga fungsi pencernaan tetap optimal.

3. ICP (bubuk)
Setelah pembuangan lancar dan normal, ICP bertugas sebagai “sikat” untuk membersihkan dinding usus dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Untuk tujuan terpisah, ICP juga memberikan “massa” untuk pembuangan yang terlalu cair. Mulai gunakan ICP HANYA setelah pembuangan yang lancar dan mudah 2-3kali sehari tercapai. Pada siklus pertama yang saya lakukan, saya tidak menggunakan ICP karena hal tersebut tidak tercapai.

Caranya :
-Jika kita mulai mengalami pembuangan lancar pada hari ke-6, maka pada hari ke-7 tambahkan rutinitas Comfortone di pagi hari (3kapsul) dengan  1 sendok teh ICP pada segelas air, aduk dan minum segera. Malam hari, hanya gunakan Comfortone (3kapsul)
– Pada hari ke-8, gunakan 1 sdt ICP di pagi hari dan 1 sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)
– Hari ke-9, gunakan 2sdt ICP di pagi hari dan 1sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)
– Hari ke-10, gunakan 2sdt ICP di pagi hari dan 2sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)
– Hari ke-11, gunakan 3sdt ICP di pagi hari dan 2sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)
– Hari ke-10, gunakan 3sdt ICP di pagi hari dan 3sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)
– Hari ke-11 s/d 14, gunakan 3sdt ICP di pagi hari dan 3sdt di malam hari, bersama Comfortone (masing-masing 3kapsul)

Secara pribadi, saya melakukan 4-5 siklus colon cleanse dalam waktu 1 tahun hingga lapisan hitam tersebut terlihat (tapi mungkin tidak seluruhnya). Jika kamu penasaran bagaimana penampakannya, lapisan hitam tsb nampak seperti masker peel-off berwarna hitam yang sudah mengering saat kita bersihkan dari wajah =)

Apa yang dapat kita rasakan setelah memulai colon cleanse? Saya merasakan perubahan pada selera makan. I loveeee fried food, junk food dan teman-temannya. Setelah colon cleanse, secara alami saya menjadi tidak terlalu tertarik dan kadang merasa mual jika mencium aroma makanan berminyak (selama cleansing saya makan normal tanpa pantangan, tapi tahu diri mencoba membatasi “kerakusan’ terhadap junk-food). Namun jika lama tidak melakukan colon cleanse (dan saya juga tidak disiplin sih =p), saya mulai “merindukan” lagi makanan-makanan tsb. It’s a sign for me to do another cleanse =P
Suami saya merasakan keluhan pencernaan menjadi banyak berkurang setelah colon cleanse. Beberapa orang dapat mengalami pengurangan berat badan (berat kotoran tepatnya), dan ada pula yang bertambah berat badan karena kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi menjadi lebih baik. Peningkatan energi, fokus dan daya tahan tubuh  juga menjadi bonus yang menyenangkan dari colon cleanse.

Saat ini produk Cleansing Trio hanya tersedia dari Young Living US, tapi usaha untuk mendapatkannya sangat sepadan dengan hasilnya =) Untuk memelihara hasil yang sudah tercapai, perhatikan diet dan ulangi prosesnya secara berkala.

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *