Anakku Sayang : Essential Oil Untuk Emosi & Fungsi Otak Anak

Emosi, sesuatu yang kita rasakan setiap hari tapi sering diacuhkan, terutama yang bersifat negatif. Perasaan sedih, marah, tertekan, tidak percaya diri, trauma, ketakutan, seringkali ditekan karena dianggap tidak penting & tidak bermanfaat,
Bermanfaat atau tidak, emosi adalah bagian dari kita sebagai manusia. Dan suka atau tidak, percaya ataupun tidak, keseimbangan & kesehatan emosi sangat erat hubungannya dengan kesehatan fisik kita.

Awal bulan tadi, beberapa orang teman di Young Living Indonesia Users Community berbagi pengalaman tentang penggunaan Essential Oil dan Suplemen dari Young Living untuk mendukung keseimbangan emosi, terutama pada anak-anak mereka. Beberapa teman yang membagi pengalamannya disini juga menggunakan essential oil untuk mendukung anak-anak dengan kebutuhan khusus dan untuk mereka sendiri sebagai caregiver.

Gunakan search function pada halaman tersebut dan masukkan kata kunci #AnakkuSayang untuk menemukannya. Selain artikel, temukan juga informasi lainnya di video ini.

Berikut adalah beberapa tips yang saya rangkum dari berbagai sharing tsb.

1. Untuk Emosi
Target : Otak Limbik (pusat emosi, perilaku, kebiasaan, ingatan)
– Cara paling efektif adalah dengan inhalasi/ aromatik,dimana komponen aroma essential oil akan mencapai otak dalam waktu 20 detik. Hirup aroma essential oil langsung dari botol, diffuse atau gunakan telapak tangan, bernapaslah dengan perlahan dan dalam selama 6-8 kali.
– Untuk menenangkan fisik,mental & emosional, selain inhalasi essential oil dapat dioleskan di dada, solar plexus dan tulang ekor. Encerkan menurut kenyamanan masing-masing.

Contoh essential oil yang dapat digunakan (tapi tidak terbatas pada) : Lavender, Cedarwood, Peace & Calming, Tranquil, Gathering, Stressaway dll. Pilih aroma yang kita sukai sebagai permulaan. Jika merasa sensitif dengan aromanya, oleskan essential oil di jempol kaki (vitaflex untuk bagian kepala dan otak). Ingat untuk memperhatikan emosi orangtua/ caregiver terlebih dahulu sebelum membantu anak.

2. Untuk Fungsi Otak
Jalan tercepat menuju ke otak adalah melalui inhalasi / aromatik, ulangi cara-cara di poin pertama.
Essential oil dengan kandungan Sesquiterpenes yang tinggi seperti Hong Kuai, Cedarwood, Vetiver, Myrrh, Sandalwood, Frankincense diyakini dapat membantu membawa aliran oksigen ke otak. Brain Power dari Young Living merupakan blend yang diformulasikan khusus untuk membantu fungsi otak.
Untuk aplikasi topikal, essential oildapat dioleskan di ubun-ubun, brainstem, belakang telinga, diantara alis, dahi, pelipis dan/ atau juga jempol kaki (vitaflex kepala & otak). Encerkan menurut kenyamanan masing-masing.

Kesehatan otak, emosi & seluruh tubuh berhubungan dengan kesehatan pencernaan. Selain menggunakan essential oil untuk mendukung pencernaan, pertimbangan penggunaan suplemen penunjang yang sesuai. Misalnya : Life 5 / Life 9 (probiotik) & Mightyzyme (untuk anak-anak), Sulfurzyme dan Ningxia Red.
Tunjang juga liver (hati) dengan essential oil seperti Celery Seed atau Helichrysum yang lembut untuk anak-anak.

Baca juga tentang pentingnya menunjang kesehatan otak disini : Pineal gland (kelenjar pineal) & Pituitary Gland (kelenjar pituitari).

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP

 

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *