Belakangan ini banyak teman2 yang bertanya-tanya karena bingung/ syok/ panik/ kecewa karena menerima Peppermint yang aromanya berbeda dengan yang biasa digunakan. Baunya ngga enak nih, kenapa yah?  Beda ngga nih efeknya dengan yang biasa? Dsb.

Jika teman-teman disini termasuk yang punya concern tentang aroma EO yg berbeda ini , saya share sedikit secara singkat yah kenapa bisa begitu. Please note saya hanya menggunakan YLEO sebagai contoh untuk hal ini.

First and foremost, menilai kualitas dan konsistensi essential oil tidak cukup hanya dari aroma, apalagi jika kita menggunakannya untuk keperluan terapi. Setiap batch essential oil alami tidak akan pernah bisa 100% sama karena kandungan berbagai komponen yang terdapat di dalamnya sangat bervariasi dari satu  tanaman dengan yang lainnya, tergantung kondisi tanah perkebunan, cuaca dan iklim juga waktu panen dan pengeringan.

Setiap essential oil yang diproduksi oleh Young Living selalu dites berkali-kali (di laboratorium perusahaan dan pihak ketiga) dan harus sesuai dengan standar yang mereka tentukan. Contohnya Peppermint dengan kandungan Menthofurane yang disebut oleh Dr. Buch. Jika range 1-10 adalah range normal, Peppermint yang mengandung 2 Menthofurane akan berbeda aromanya dengan Peppermint yang mengandung 9 Menthofurane.

Belum lagi essential oil blend yang merupakan kombinasi dari beberapa single essential oil, dan kadang-kadang juga sudah dicampur dengan carrier oil.
Jika setiap single oil di dalamnya mempunyai kandungan yang bervariasi dibandingkan dengan batch sebelumnya, tentu saja juga akan sangat berpengaruh ke aroma akhirnya.

Untuk menilai perbedaan kualitas dan konsistensinya, again tidak cukup hanya dengan menuangkan essential oil ke telapak tangan, dioles-oles atau diendus (kecuali jika kita terlatih dan ahli dalam hal ini), karena body chemistry kita pun berbeda dan berubah setiap waktu. Essential oil yang sama kita gunakan dapat memberikan persepsi aroma yang berbeda di waktu yang berbeda, apalagi jika dari batch yang berbeda atau digunakan oleh orang yang berbeda.

Seluruh essential oil Young Living di kantor cabang seluruh dunia berasal dari sumber yang sama, melalui tes dan dibotolkan di tempat yang sama. Tidak ada perlakuan yang berbeda antara YLEO di Amerika, Singapura atau Indonesia, kecuali jika negara-negara tsb menerima produk dari batch yang berbeda.

Jadi apakah perlu panik jika menerima essential oil dengan aroma yang berbeda?
Menurut saya pribadi, jika teman-teman membeli langsung dari kantor Young Living resmi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan =)
Aroma tidak mempengaruhi efektifitas (Young Living) essential oil. Tapi selain manfaat yang tidak dikompromikan, masalah aroma adalah preferensi pribadi. Jika teman-teman tidak suka aromanya, silakan cek dengan kantor resmi Young Living dimana kita membeli, apakah dapat diretur atau tukar dengan batch lain (jika tersedia, dan ini hanya untuk produk yang benar-benar unik seperti kasus Peppermint yah, tidak untuk semua produk.)

I hope this helps  

Ps. Saya suka loh dengan aroma yg antik ini, seperti permen chiclet jaman dulu  😉

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.






X