PALO SANTO

Cerita ini pernah saya tulis di halaman Facebook pribadi 2 tahun yang lalu. Waktu itu saya baru mulai menggunakan YLEO sekitar 4 bulan dan Palo Santo adalah salah satu essential oil pertama yang saya gunakan sebagai eksperimen ke mama.

Menurut banyak cerita dari One Drop Facebook group saat itu, Palo Santo sangat baik dan efektif untuk membantu orang-orang tua yang sering mengalami kaku-kaku di lutut. Please note kaku-kaku otot pada orang tua adalah wajar yah, karena faktor umur, kemampuan tubuh untuk memproduksi cairan pelumas alami mulai berkurang. It is not a disease.

Jadi mengikuti cerita-cerita yang saya baca, dengan excited saya menyiapkan 1 botol Palo Santo 1 bulan sebelum mama berkunjung ke Singapura. Waktu itu saya tidak punya komisi, dan suami masih sangat skeptis. Jadi setiap essential oil yang saya beli harus dipilih dengan seksama karena harus menyisihkan uang belanja ?.
Luckily my mom is very open with essential oil. Pertama kali saya brief cara pakai dan berapa banyak. 1 tetes aja tiap oles, soalnya mahal (I also used to have this mindset!), tapi boleh dioles lebih sering kalau dirasa perlu.
Selama 10 hari, setiap lagi nonton TV saya melihat di tangannya selalu ada Palo Santo. Saya deg-degan mikir cukup berapa hari yah sebotol 5ml, tapi pasrah, udah bagus dipake yah. Untuk tambahan karena biasanya orangtua suka pijat-pijat, saya berikan campuran Orthoease dan Wintergreen dari paket Raindrop pertama saya yang dibeli bulan sebelumnya dengan harga diskon 20%.

Nah di hari ke-10, saat lagi di dapur, saya melihat beliau sibuk “bermain” dengan kakinya, ditekuk-tekuk, lalu diluruskan. Tekuk, luruskan. Terus begitu sampai beberapa kali. Tapi karena saya juga sedang ribet memasak, saya tidak bertanya apa-apa dan akhirnya lupa.
Sore harinya, tiba-tiba mama saya cerita sendiri. “Ini lutut biasanya ngga bisa ditekuk loh, sekarang kok bisa yah…”, sambil demo tekuk-tekuk kaki. Lalu beliau juga tiba-tiba berdiri dan pamer, “Sekarang juga bisa begini …” sambil jongkok, lalu berdiri, jongkok, berdiri, diulangi beberapa kali.
Jadi, selama ini kalau beliau duduk di lantai, untuk berdiri itu juga susah, mesti push up menggunakan tangan sebagai penyangga untuk berdiri. Simple task for us, tapi ngga simpel buat orang tua kalau lutut dan punggungnya kaku-kaku.

Surprised? Off course! Happy? Yeah!!!
Lalu apa yang pertama kali saya lakukan? Ummmm…. hal pertama yang saya Iakukan adalah mengecek botolnya, berapa banyak sih yang terpakai selama 10 hari ini? Dan teman-teman, believe it or not, isinya masih lebih dari 1/2 loh. Jadi setiap kali pakai, mama saya hanya membalik botolnya dan ditotol-totol ke lutut.

Sejak saat itu, Palo Santo selalu saya sediakan untuk mama dan mama mertua, ditambah BLM, Wintergreen dan Orthoease atau Orthosport. Sampai sekarang pun, 1 botol Palo Santo tidak selalu habis dalam waktu 1 bulan. Mama yang biasanya tiap jalan beberapa saat kakinya jadi sakit dan pingin duduk, tidak lama dari saat itu jadi bisa naik turun tangga 3 lantai.

Jika teman-teman ingin mengenalkan essential oil ke orang tua masing-masing, bulan ini Palo Santo bisa di dapatkan gratis dengan pembelanjaan 250pv loh, so get it if you can ?
Kapan-kapan saya akan ceritakan penggunaan Palo Santo yang agak “mistis” yah, yg bikin bulu kuduk berdiri ?

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *