Welcoming NINGXIA RED Day #1

Apa itu Ningxia Red? Secara singkat, Ningxia Red adalah minuman supplemen yang berfungsi sebagai penunjang nutrisi sehari-hari. Kandungan utamanya adalah Ningxia wolfberry ( Lycium barbarum), yang berasal dari provinsi Ningxia, China. Secara tradisional, wolfberry dipercaya sebagai penunjang kesehatan liver, ginjal, darah dan mata.

Mengapa kita butuh supplemen atau tambahan nutrisi? Walaupun kita menjalankan pola hidup dan diet yang sehat, setiap hari tubuh kita terekspos pada banyak hal yang diluar kendali kita. Polusi udara dan air. Makanan dan sayuran segar kehilangan kandungan mineral dan enzim, karena kondisi tanah jaman sekarang sangat berbeda dengan dulu.  Sayur-sayuran/ buah-buahan segar pun melalui banyak proses sebelum sampai ke meja makan kita (di bekukan, dipetik saat belum matang lalu diberi bermacam-macam zat kimia untuk menjaga kesegaran, dsb). Karena itu, apa yang tidak lagi bisa kita dapatkan secara alami dari makanan sehari-hari, perlu kita asup dari sumber lain.

Apa yang bisa kita dapatkan dari Ningxia Red? Yang paling utama adalah ANTI OKSIDAN, asam amino, mineral, trace minerals & vitamin. Silakan cek foto untuk keterangan lebih lengkap yah.

Young Living menggolongkan produk supplemennya dalam 3 kategori  : DETOX, NOURISH dan PRESERVE. Ningxia Red merupakan satu-satunya produk yang dapat mencakup ketiga kategori tersebut. Untuk yang ingin mencoba suplemen tapi pengen yang enak, praktis, semua dapet manfaatnya, you can start with Ningxia Red drink.

Apa bedanya produk supplemen brand lain dibandingkan dengan Young Living, khususnya Ningxia Red? Sama seperti essential oil yang kita miliki, semua bahan bakunya dapat kita telusuri asalnya. Young Living mempunyai kultur perusahaan yang sangat terbuka, kita dapat mengunjungi perkebunan, pabrik dan melihat proses produksi, so you know where your product coming from. Nothing man-made or lab-made is added. Semua kandungan vitamin dan mineral, termasuk pengawet, didapatkan secara alami dari bahan bakunya dengan proses formulasi yang panjang dan test berkali-kali, hingga didapatkan formula yang stabil dan sesuai standard Young Living.

Baca Bagian-2 : Kandungan & Manfaat disini. Baca juga testimonial  tentang Ningxia Red disini.

Nutritional Support with NXR - ODShareable

Supercharge yr health with NXR - ODShareable

Antioxidant Power in NXR- ODShareable

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Essential Oil Expiry Date

Pertanyaan yang umum ditanyakan sebelum membeli produk, termasuk essential oil : berapa lamakah essential oil bisa disimpan dan digunakan sebelum expired alias kadaluarsa?

Saya pribadi selalu menggunakan essential oil dan produk lain yang saya miliki walaupun sudah melewati expire date yang tertulis di label kemasan. Saya merasa nyaman karena saya memahami tujuan utama pencantuman tanggal kadaluarsa adalah untuk kontrol dan kendali produksi, pada akhirnya untuk melindungi konsumen. Termasuk essential oil dari Young Living sebagai produk konsumen, harus mengikuti aturan ini.

Essential oil yang murni, natural dan bukan buatan laboratorium tidak mempunyai expiry date. Kualitasnya dapat terjaga selama bertahun-tahun jika disimpan dengan baik dalam kemasan tertutup rapat (lebih baik jika berwarna gelap) dalam suhu ruangan yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung.
Hal ini dikarenakan essential oil tidak mengandung fatty acids (asam lemak) yang dapat menurun kualitasnya seiring waktu, berubah warna atau baunya.

Pengecualian untuk Citrus essential oil (orange, lemon, tangerine, lime, grapefruit, jade lemon dll) yang didapatkan dari proses cold press. Citrus oils sebaiknya digunakan dalam waktu maksimal 2(dua) tahun setelah dibuka, untuk mendapatkan manfaat optimalnya.

Essential oil dari kulit buah jeruk-jerukan dapat mengandung jejak protein, yang dapat mengalami perubahan senyawa kimia dan mengubah kualitasnya jika disimpan terlalu lama. Protein mempunyai ukuran molekul yang besar,  tidak tahan panas dan tidak dapat bertahan melewati proses distilasi. Karena itu tidak ditemukan dalam essential oil yang didapat dari steam distillation. 

Walaupun dapat terjaga kualitasnya selama bertahun-tahun, essential oil dengan molekul yang kecil dan ringan dapat menguap secara perlahan jika tidak ditutup dengan rapat. Penguapan beberapa molekul yang paling ringan dapat menyebabkan perubahan aroma, namun essential oilnya tetap dapat dipergunakan.

CARRIER OIL
Minyak dengan kandungan asam lemak tidak mudah menguap walaupun kita biarkan di permukaan terbuka dalam waktu cukup lama. Karena itu baik digunakan sebagai medium agar essential oil bertahan lebih lama di permukaan kulit, menyerap lebih perlahan, juga mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit.

Minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, dll yang biasanya digunakan sebagai minyak pelarut mempunyai kandungan fatty acids (asam lemak) , dapat berubah warna, aroma dan menurun kualitasnya jika disimpan terlalu lama.

Kualitas dan jenis minyak pelarut sangat berpengaruh terhadap manfaat yang ingin didapatkan dari essential oil. Selalu gunakan minyak pelarut organik dan perhatikan tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan. Secara pribadi, saya mengetes minyak pelarut yang saya gunakan dengan membaui aromanya. Jika sudah tengik, tidak akan saya gunakan.

Untuk essential oil blend  yang sudah dicampur dengan pelarut, berlakukan cara penyimpanan dan penggunaan yang sama dengan carrier oilnya. Contoh essential oil blend yang mengandung pelarut : Aroma Life, Valor, Kidscents oils, Tranquil, Deep Relief, dll.

Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Essential Oil, apa itu & bagaimana menggunakannya? Part -1

 Manfaat Essential Oil

Buat teman-teman yang baru mendengar tentang essential oil dan ingin mencoba, biasanya banyak pertanyaan mulai dari apa sih itu? Pakainya gimana? Oles aja emang bisa efek? Cocoknya pake yang mana yah? Dsb dsb.

Berikut adalah beberapa Frequently Asked Questions dengan jawaban yang saya rangkum berdasarkan pemahaman dan pengalaman pribadi. Informasi disarikan dari aromatherapy course, buku-buku, berbagai kelas dan seminar dari para essential oil educators.

1. Apa itu (therapeutic grade) essential oil?

Essential oil (minyak atsiri ) merupakan daya hidup (life force) tumbuh-tumbuhan yang berfungsi untuk menghantarkan nutrisi,  proses metabolisme, juga sebagai mekanisme pertahanan  terhadap serangan hama, perubahan  cuaca, kerusakan dsb. Essential oil didapatkan dari berbagai bagian tumbuh-tumbuhan seperti akar, batang, ranting, bunga, daun, getah dan kulit buah melalui penyulingan atau coldpressed.

Ketika digunakan, zat alami dari essential oil berinteraksi dengan sistem tubuh kita: meningkatkan daya tahan, menunjang fungsi organ, regenerasi sel dan detoksifikasi.

Essential oil memilki kemampuan intelektual, bekerja secara homeostasis mengikuti kebutuhan tubuh dan membantunya kembali ke kondisi seimbang. Dalam kondisi seimbang dan cukup nutrisi, tubuh mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

2. Mengapa saya ingin memilih Young Living essential oils dan bukan yang lain?

Untuk mendapatkan essential oil dengan kualitas terapeutik, pemilihan jenis tanaman mulai dari bibit, kondisi tanah, cara dan waktu panen hingga penyulingan dan pembotolan harus dilakukan dengan standar khusus. Di Young Living, proses ini distandarisasi dengan istilah SEED to SEAL.

Penyulingan harus dilakukan dengan suhu rendah, waktu yang cukup lama (beberapa jam) untuk memastikan semua komponen terapeutik dari suatu tanaman dapat tersuling dengan baik dan tidak rusak.
Setelah disuling, Young Living essential oil melewati berbagai macam tes, untuk memastikan semua komponen stabil dan dalam kondisi sempurna.

Essential oil  yang umum dipasaran, kebanyakan  merupakan perfume grade. Essential oil jenis ini  biasanya digunakan dengan cara dipanaskan dan tidak disarankan untuk penggunaan terapeutik. Perfume grade essential oil disuling dalam suhu sangat tinggi, diselesaikan dalam waktu singkat (as fast as 15 mins), kemudian disuling ulang untuk meningkatkan produktifitas. Sebagian besar komponen terapeutik dari tanaman yang disuling dengan cara ini tidak dapat menahan suhu tinggi dan akan terpecah molekulnya.

3. Apa kandungan dalam essential oil yang membuatnya dapat bekerja begitu efektif pada tubuh manusia (dan hewan)?

Essential oil mengandung  berbagai macam zat alami kompleks seperti alcohols, phenols, terpene, aldehydes, ketones, esters dsb. Zat-zat ini memilki kemampuan anti septik, anti bakteria, sedative, immune system booster, menyegarkan, menenangkan dll. Zat-zat ini pula yang memberikan aroma dan warna yang khas pada essential oil.

Selain zat-zat tersebut tersebut, ada 3 faktor penting  yang kita dapatkan dari essential oil, yaitu : OKSIGEN & ANTI OKSIDAN (salah satu tolak ukur essential oil adalah dari kemampuannya membawa oksigen dan menyerap radikal bebas, ORAC = Oxygen Radical Absorbance Capacity) dan FREKUENSI.  Tiga faktor ini akan saya rangkum dalam posting lain yah supaya tidak kepanjangan.

gisella

4. Trus, pakainya gimana? Oles saja emang cukup?

Young Living essential oil dapat digunakan dengan beberapa cara yang  diadopsi dari beberapa negara yang umum menggunakannya sebagai alternatif terapi kesehatan.

a. Aplikasi langsung ke tubuh (British style)
Di Inggris, essential oil digunakan sebagai campuran pada minyak masas yang dioleskan ke kulit.
Selain di campur dengan minyak pelarut (diluted with carrier oil),beberapa essential oil yang lembut dapat diaplikasikan langsung ke kulit / bagian tubuh yang memerlukan tanpa dilarutkan terlebih dahulu (neat application).

Untuk orang yang baru mencoba pertama kali,  mempunyai kulit sensitif atau anak-anak, SELALU disarankan untuk menggunakan minyak pelarut. Lakukan tes di sebagian kecil kulit (misal bagian dalam lengan, belakang telinga) jika perlu  atau sebelum menggunakan tanpa pelarut.

b. Inhalasi / aromaterapi, dengan cold diffuser, uap air hangat , hirup aromanya langsung dari botol atau gunakan telapak tangan. Melalui inhalasi molekul essential oil langsung mencapai otak dalam waktu 20 detik. Cara ini merupakan cara yang paling lembut untuk mengenalkan essential oil ke badan kita. Cara ini diadopsi dari Jerman, baik digunakan untuk relaksasi dan menunjang sistem pernapasan.

Ketika menggunakan diffuser, campurkan beberapa tetes essential oil ke dalam wadah berisi air.  Ketika dinyalakan, alat tersebut akan “memecahkan” essential oil bersama air menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian tersebar di udara dan masuk ke dalam tubuh melalui udara yang kita hirup.

Cara lain, adalah dengan meneteskan essential oil ke dalam wadah berisi air hangat, bernapas dan hiruplah uapnya sambil menutupkan handuk diatas kepala.

Telapak tangan kita juga dapat menjadi diffuser yang sangat praktis. Satu tetes essential oil di telapak tangan, gosok-gosok sekali lewat, tangkupkan dihidung dan mulut, lalu bernapaslah dalam-dalam sebanyak 6-8 kali.

Riset menunjukan, ketika indra penciuman kita mengenali suatu bebauan, efek yang kuat akan dapat dirasakan dan mempengaruhi otak limbik kita. Otak limbik adalah bagian dari otak yang mengatur dan mengontrol emosi, perilaku dan ingatan kita. Beberapa essential oil yang mempunyai kandungan Sesquiterpenes sangat tinggi,  meningkatkan asupan dan serapan oksigen secara dramatis ke otak kita, meningkatkan aktivitasnya  yang secara langsung akan berpengaruh ke sistem- sistem di dalam tubuh kita.

c. Makanan / suplemen
Di Perancis, essential oil diresepkan untuk digunakan secara langsung ke bagian tubuh yang memerlukan (neat application, lihat cara 1) atau dengan cara ditelan (ingestion). Essential oil dicampurkan dengan sirup Agave, madu atau nectar, vegetable oil  atau diteteskan ke makanan, misalnya roti.

Ditelan, ngga salah tuh?
Cara ini memang tidak umum dipraktekan di luar negara yang bersangkutan dan tidak disarankan untuk dipraktekan tanpa panduan / pengetahuan yang cukup.

Young Living memiliki rangkaian produk supplemen yang diperkaya dengan kandungan essential oil, yang aman untuk digunakan jika kamu ingin mencoba metode ingestion. Kandungan essential oil di dalam suplemen berfungsi sebagai pengawet /anti oksidasi dan juga menunjang proses penyerapan / asimilasi.

Keamanan dan tanggung jawab saat menggunakan essential oil adalah hal yang SANGAT PENTING, jadi cara apapun yang ingin kamu gunakan please seek your upline support atau orang yang mengenalkan kamu dengan Young Living.

Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Nourmalia Puspita

Nourmalia Puspita

Nourmalia Puspita

Young Living Gold

 
Halo, saya Nourmalia. Saya adalah seorang ibu rumah tangga, dokter hewan, pengusaha, juga community leader dan business builder bersama Young Living essential oils. 
 
Sejak menikah, saya hidup merantau mengikuti pekerjaan suami sebagai abdi negara. Impian terbesar saya adalah memiliki bisnis yang bisa dijalankan dari mana saja, mengikuti suami yang dapat dimutasi kapan saja ke seluruh indonesia.
Saya temukan caranya di Young Living.
 
Bergabung bersama Young Living memuaskan jiwa saya. Sebagai orang medis saya adalah long life learner dan dahaga saya akan ilmu terus terjawab. Saya bisa mengeksplorasi, belajar banyak hal dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari dengan essential oil.
 
Berada di pelosok daerah Kalimantan Timur ataupun pulau kecil di utara bukan alasan saya untuk terbelakang dan terhambat. Dengan memanfaatkan teknologi, saya dapat selalu berinteraksi aktif dengan teman-teman lain dari kota bahkan negara yang berbeda. 
 
Oleh teman-teman, saya dikenal sebagai sesorang yang berkemauan kuat, cekatan, inovatif, unik dan bertanggung jawab.
 
Jika kamu ingin memiliki keluarga baru dan berdaya guna seperti saya bersama Young Living, yuk bergabung dengan tim super Dianmalia Oil dan berjuang bersama mencapai apa yang membuat kita bahagia.

Kartika Tri Kuntarti

Kartika Tri Kuntarti

Kartika Tri Kuntarti

Young Living Silver

Haloo, aku Tika.
Aku adalah business builder dan community leader bersama Young Living Essential Oils.
Sejak tahun 2008, aku juga berprofesi sebagai SAP Consultant.
Walaupun terlihat seperti gadis muda, aku sudah punya 3 anak loh. =)

Sebagai istri dan mama, aku sangat tertarik memperlajari ilmu parenting dan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan keluarga.
Prinsipku, aku perlu bekal ilmu supaya keluargaku dan diriku sendiri bisa terus meningkat kualitas hidupnya.

Banyak cara yang aku lakukan untuk belajar ; berdiskusi dengan ahlinya, juga mengikuti berbagai seminar dan pelatihan kesehatan atau parenting. Karena ketertarikanku yang mendalam, aku menjadi sumber informasi bagi teman-teman yang ingin tahu tentang dua hal ini.
Selain itu, 4 tahun terakhir aku dan keluargaku juga sangat terbantu oleh Young Living dan produk-produknya secara fisik, emosi, bahkan finansial.

Aktualisasi diri dan self growth sangat penting untukku, aku ingin membahagiakan diri sendiri sekaligus bermanfaat untuk orang lain. Terutama, aku ingin membantu orang-orang yang ingin mengatasi limiting beliefs yang menghambat mereka dalam hidup.

Dalam komunitas Onedrop dimana aku tergabung sebagai anggota Young Living, aku tidak hanya mendapatkan ilmu tentang essential oil. Aku juga belajar pengembangan pribadi yang mendukungku dalam membangun bisnis dan komunitas. Mulai dari kepemimpinan, perilaku manusia, personal branding, copy writing hingga selling & marketing.

Teman dan sahabat mengenal aku sebagai seseorang yang resourceful, helpful, sabar, dan suportif.
Walaupun aku seorang yang introvert, aku suka berorganisasi dan bertemu orang baru. I’m a very good listener and also observant.

Jika kamu adalah seseorang yang ingin mengatasi keterbatasan dan meningkatkan kualitas hidup, atau sedang mencari darimana harus memulai, yuk bergabung bersamaku. Aku siap membantumu!

Rischa Ariesona Mandasari

Rischa Ariesona Mandasari

Rischa Ariesona Mandasari

Young Living Gold

Halo, aku Rischa! Aku seorang Ibu rumah tangga dengan 2 anak, berdomisili di Malang, Jawa Timur.
Aku adalah seorang business builder bersama Young Living essential oils dan pemimpin komunitas Sitiorganic dengan anggota lebih dari 2000 orang di seluruh Indonesia.

Bersama suami dan anak-anak, aku  mempraktekkan gaya hidup alami dan organik ketika memungkinkan. Aku juga merupakan suporter program gentle birth, karena pengalaman yang aku alami sendiri dengan kedua anakku.

Bisa merawat anak dan menjalankan bisnis dari rumah adalah impianku sejak dulu. Bagiku dan suami, merawat dan mendidik anak adalah fitrah sebagai orang tua yang ingin kami penuhi. Karena itulah, aku memilih untuk meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dengan gaji terbilang lumayan di saat itu dan tinggal di rumah agar dapat mengawasi tumbuh kembang anak.

Bergabung dengan Young Living dan menjalankan bisnisnya membantuku mewujudkan gaya hidup yang aku inginkan.

Bisnis ini aku awali dengan banyak keterbatasan – salah satunya adalah finansial, dan saat itu aku sedang dalam trimester awal kehamilan anak kedua.
Walaupun dikerjakan dari rumah, aku menjalankan bisnis ini secara disiplin bersama suami dengan membagi waktu sebaik mungkin. Mulai dari bangun pagi untuk mengurus anak dan pekerjaan rumah, belajar online dan membaca buku untuk menambah pengetahuan, hingga melakukan promosi di sosial media dan berinteraksi dengan anggota organisasi.

Sebagai pengguna produk yang sudah merasakan manfaatnya, aku dan suami merasa yakin Young Living dapat membantu kami mengubah hidup, apalagi setelah kami memahami compensation plannya dengan lebih baik.
Yang kami lakukan selanjutnya adalah belajar meningkatkan rasa percaya diri dan kapasitas sebagai seorang pemimpin, agar siap menghadapi berbagai  tantangan dalam organisasi yang terus berkembang.

Oleh teman-teman aku dikenal sebagai seseorang dengan determinasi dan spirit yang kuat, suka belajar, cakap dan konsisten yang mendukung tercapainya impianku menjalankan bisnis dan merawat anak dirumah.

Jika kamu ingin menjadi Ibu berdaya yang dapat mengurus keluarga sembari menjalankan bisnis dan mewujudkan impian bersama pasangan hidup, yuk bergabung, belajar dan bertumbuh bersamaku!

Apri Mariana

Apri Mariana

Apri Mariana

Young Living Silver

Halo, saya Rina! Saya adalah sorang ibu rumah tangga, pengusaha, community leader dan business builder bersama Young Living. Saya berdomisili di Jayapura, Papua, mengikuti suami sejak kami menikah.

Saya tipe orang yang tidak bisa diam, suka mencoba hal-hal baru yang produktif dan bisa dibilang memiliki naluri pengusaha yang cukup kuat. Salah satu hasil coba-coba yang berkembang menjadi serius adalah Rin’z Kitchen, usaha kuliner jajanan Indonesia di Papua yang saya bangun sejak 2011 dan berlanjut hingga sekarang.

Demikian juga dengan Young Living yang awalnya saya gunakan agar keluarga agar dapat hidup lebih sehat, jadi keterusan karena peluang bisnisnya menarik perhatian saya.

Young Living saat ini telah menjadi bagian hidup saya dan bukan semata-mata karena bisnis. Saya merasa bahagia karena disini saya bertemu banyak teman-teman baru dalam komunitas yang positif, yang membantu saya menjadi lebih percaya diri. Pengetahuan dan pengalaman saya bertambah, mulai dari kesehatan hingga kepemimpinan.

Oleh teman-teman, saya dikenal sebagai pribadi yang ramah, bertanggung jawab dan pekerja keras. Bagi saya, membangun dan menjaga hubungan baik dengan teman dan rekan sangatlah penting.

Salah satu bentuk tanggung jawab yang saya pegang dalam organisasi saya adalah dengan berkomitmen mengedukasi anggota, agar mereka dapat memiliki kesehatan fisik dan emosi yang baik. Sebagai pengusaha, saya juga membagikan pengalaman dan memberikan dukungan penuh bagi anggota yang ingin memiliki kesuksesan finansial dan mencapai impian hidup mereka lewat bisnis Young Living.

Jadi jika kamu ingin membangun hidup sehat dan memiliki kesuksesan finansial untuk membantu tercapainya impian hidupmu, dengan senang hati saya siap membantumu.

Apapun profesimu sekarang dan dimanapun kamu berada… yuk, kita bersama-sama belajar dan berbagi pengalaman, sehingga kita bisa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama dimana pun Tuhan menempatkan kita.

Dhani, 30, Ibu Rumah Tangga

“Aku mulai rutin minum Ningxia Red sejak bulan Ramadhan 2020, biasanya di siang atau malam hari. Agar hemat, aku encerkan 1 sachet dengan air dan tambahkan madu untuk minum berdua suami. Selama puasa aku minum di saat sahur, badan terasa segar, berenergi dan puasa kuat, tanpa lemas. Buat yang ngga suka asemnya, coba pakai madu deh agar tetap seger dan manis.”

Pius, 37, Guru Les Private

“Saya rutin minum Ningxia Red sejak January 2020, 60ml di pagi atau sore hari. Saya yakin kandungan nutrisi Ningxia sangat baik bagi tubuh saya. Saat saya merasa lelah karena banyak kerjaan, Ningxia Red yang dicampur madu membuat saya segar kembali, almost instantly!  Hal lain yang saya perhatikan adalah kulit telapak kaki saya yang dulu pecah-pecah menjadi halus sejak rutin minum Ningxia.”

X