Essential Oil, apa itu & bagaimana menggunakannya? Part -1

 Manfaat Essential Oil

 

Buat teman-teman yang baru mendengar tentang essential oil & ingin mencoba, biasanya banyak pertanyaan mulai dari apa sih itu? Pakenya gimana? Oles aja emang bisa efek? Cocoknya pake yang mana yah? Dsb dsb.

Berikut adalah beberapa Frequently Asked Questions dengan jawaban yang saya rangkum berdasarkan pemahaman & pengalaman pribadi. Informasi disarikan dari aromatherapy course, buku-buku, berbagai kelas & seminar dari para essential oil experts. 

1. Apa itu (therapeutic grade) essential oil?

Jawab :
Essential oil (minyak atsiri ) merupakan daya hidup (life force) tumbuh-tumbuhan yang berfungsi untuk menghantarkan nutrisi,  proses metabolisme, juga sebagai mekanisme pertahanan  terhadap serangan hama, perubahan  cuaca, kerusakan dsb. Essential oil didapatkan dari berbagai bagian tumbuh-tumbuhan seperti akar, batang, ranting, bunga, daun, getah dan kulit buah melalui penyulingan atau coldpressed.

Ketika digunakan, zat alami dari essential oil berinteraksi dengan sistem tubuh kita: meningkatkan daya tahan, menunjang fungsi organ, regenerasi sel dan detoksifikasi.

Essential oil memilki kemampuan intelektual, bekerja secara homeostasis mengikuti kebutuhan tubuh dan membantunya kembali ke  kondisi seimbang. Dalam kondisi seimbang dan cukup nutrisi, tubuh mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Untuk mendapatkan essential oil dengan kualitas terapeutik, pemilihan jenis tanaman mulai dari bibit, kondisi tanah, cara dan waktu panen hingga penyulingan dan pembotolan harus dilakukan dengan standar khusus. Di Young Living, proses ini distandarisasi dengan istilah SEED to SEAL.

Penyulingan harus dilakukan dengan suhu rendah, waktu yang cukup lama (beberapa jam) untuk memastikan semua komponen terapeutik dari suatu tanaman dapat tersuling dengan baik dan tidak rusak.
Setelah disuling, Young Living essential oil melewati berbagai macam tes, untuk memastikan semua komponen stabil dan dalam kondisi SEMPURNA.

Essential oil  yang umum dipasaran, bisa dipastikan merupakan perfume grade. Essential oil jenis ini  biasanya digunakan dengan cara dipanaskan & tidak disarankan untuk keperluan terapeutik. Perfume grade essential oil disuling dalam suhu sangat tinggi, diselesaikan dalam waktu singkat (as fast as 15 mins), kemudian disuling ulang untuk meningkatkan produktifitas. Sebagian besar komponen terapeutik dari tanaman yang disuling dengan cara ini tidak dapat menahan suhu tinggi dan akan terpecah molekulnya.

2. Apa kandungan dalam essential oil yang membuatnya dapat bekerja begitu efektif pada tubuh manusia (dan hewan)?

Jawab:
Essential oil mengandung  berbagai macam zat alami kompleks seperti alcohols, phenols, terpene, aldehydes, ketones, esters dsb. Zat-zat ini memilki kemampuan anti septik, anti bakteria, sedative, immune system booster, menyegarkan, menenangkan dll. Zat-zat ini pula yang memberikan aroma & warna yang khas pada essential oil.

Selain zat-zat tersebut tersebut, ada 3 faktor penting  yang kita dapatkan dari essential oil, yaitu : OKSIGEN & ANTI OKSIDAN (salah satu tolak ukur essential oil adalah dari kemampuannya membawa oksigen dan menyerap radikal bebas,  ORAC = Oxygen Radical Absorbance Capacity) dan FREKUENSI.  Tiga faktor ini akan saya rangkum dalam posting lain yah supaya tidak kepanjangan.

gisella

3. Trus, pakenya gimana? Oles saja emang cukup?

Jawab :
Young Living essential oil dapat digunakan dengan beberapa cara yang  diadopsi dari beberapa negara yang umum menggunakannya sebagai alternatif terapi kesehatan.

a. APLIKASI langsung ke tubuh (British style)
Di Inggris, essential oil digunakan sebagai campuran pada minyak masas yang dioleskan ke kulit.
Selain di campur dengan minyak pelarut (diluted with carrier oil),beberapa essential oil yang lembut dapat diaplikasikan langsung ke kulit / bagian tubuh yang memerlukan tanpa dilarutkan terlebih dahulu (neat application).

Untuk orang yang baru mencoba pertama kali,  mempunyai kulit sensitif atau anak-anak, SELALU disarankan untuk menggunakan minyak pelarut. Lakukan tes di sebagian kecil kulit (misal bagian dalam lengan, belakang telinga) jika perlu  atau sebelum menggunakan tanpa pelarut.

b. INHALASI / aromaterapi, dengan cold diffuser, uap air hangat , hirup aromanya langsung dari botol atau gunakan telapak tangan. Melalui inhalasi molekul essential oil langsung mencapai otak dalam waktu 20detik. Cara ini merupakan cara yang paling lembut untuk mengenalkan essential oil ke badan kita. Cara ini di adopsi dari Jerman & baik digunakan untuk relaksasi dan menunjang sistem pernapasan.

Ketika menggunakan diffuser, campurkan beberapa tetes essential oil ke dalam wadah berisi air.  Ketika dinyalakan, alat tersebut akan “memecahkan” essential oil bersama air menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian tersebar di udara dan masuk ke dalam tubuh melalui udara yang kita hirup.

Cara lain, adalah dengan meneteskan essential oil ke dalam wadah berisi air hangat, bernapas dan hiruplah uapnya sambil menutupkan handuk diatas kepala.

Telapak tangan kita juga dapat menjadi diffuser yang sangat praktis. Satu tetes essential oil di telapak tangan, gosok-gosok sekali lewat, tangkupkan dihidung dan mulut, lalu bernapaslah dalam-dalam sebanyak 6-8 kali.

Riset menunjukan, ketika indra penciuman kita mengenali suatu bebauan, efek yang kuat akan dapat dirasakan dan mempengaruhi otak limbik kita. Otak limbik adalah bagian dari otak yang mengatur dan mengontrol emosi, perilaku & ingatan kita. Beberapa essential oil yang mempunyai kandungan Sesquiterpenes sangat tinggi,  meningkatkan asupan dan serapan oksigen secara dramatis ke otak kita, meningkatkan aktivitasnya  yang secara langsung akan berpengaruh ke sistem- sistem di dalam tubuh kita.

c. MAKANAN SUPLEMEN
Di Perancis, essential oil diresepkan untuk digunakan secara langsung ke bagian tubuh yang memerlukan (neat application, lihat cara 1) atau dengan cara ditelan (ingestion). Essential oil dicampurkan dengan sirup Agave, madu atau nectar, vegetable oil  atau diteteskan ke makanan, misalnya roti.

Ditelen, ngga salah tuh?
Ngga salah sodara-sodara. Cara ini memang tidak umum dipraktekan di luar negara yang bersangkutan, dan tidak disarankan untuk dipraktekan tanpa panduan / pengetahuan yang cukup.

Young Living memiliki rangkaian produk supplemen yang diperkaya dengan kandungan essential oil, yang aman untuk digunakan jika kamu ingin mencoba metode ingestion. Kandungan essential oil di dalam suplemen berfungsi sebagai pengawet /anti oksidasi dan juga menunjang proses penyerapan / asimilasi.

Keamanan & tanggung jawab dalam penggunaan adalah hal yang PALING PENTING, jadi cara apapun yang ingin kamu gunakan please seek your upline support atau orang yang mengenalkan kamu dengan Young Living.

Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.

Norce Putri

Advocate for Essential Oils for Emotional & Physical Wellness, AromaLift Therapist, Young Living Platinum Leader, co Founder of Young Living Indonesia Users Community

2 thoughts on “Essential Oil, apa itu & bagaimana menggunakannya? Part -1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *