Beberapa hari terakhir ini, nampaknya banyak sekali ibu-ibu Indonesia yang heboh kebingungan karena posting tentang penggunaan essential oil oleh seorang ibu di instagram. Saya baru tahu belakangan karena ikut kebagian pertanyaan dari teman-teman anggota yang menjadi panik.

Karena tambah banyak yang bertanya, I set aside sometime untuk membaca dan mengambil intisari dari posting tersebut dan berikut adalah beberapa yang saya anggap perlu di highlight.

Please note, ALL THESE STATEMENTS adalah opini dan pengertian pribadi saya sebagai pengguna produk. Saya hanya menggunakan produk Young Living secara eksklusif . Untuk pengetahuan pribadi,  I read EO related books, attended a fair share of relevant classes dan sedang dalam proses menyelesaikan aromatherapy course dengan Pacific Institute of Aromatherapy, New York.

Walaupun preferensi saya cenderung kearah penggunaan yang diajarkan oleh Young Living (French Style), saya juga terbuka untuk membaca dan menerima masukan dari berbagai sumber, as long as tidak menjelek-jelekan pilihan orang lain dan bersifat fear mongering.

1. Menggunakan EO dapat menyebabkan overdosis?

Jawabannya adalah YA dan TIDAK. Saya pernah menulis tentang hal ini di sini.

Apa yang mungkin membuat heboh dari pernyataan ini adalah kurangnya penjelasan:
– Apa DEFINISI overdosis disini? Setiap orang dapat memiliki pengertian dan pemahaman yang berbeda
– Bagaimana overdosis bisa terjadi dan apa ciri-cirinya?
– Ketika kita berbicara tentang essential oils – di kalangan pengguna YLEO, kita juga mengenal istilah reaksi detoks 

Kalau saja pernyataan tersebut ditela’ah dulu, mungkin ibu-ibu tidak jadi heboh.
Bisa karena satu orang heboh, salah membaca dan mengartikan (tata bahasa), efeknya jadi menjalar ke yang lain.
Saya pribadi setuju dengan pendapat penulis post tsb, bahwa sebaik dan sealami apapun suatu produk, cukup gunakan seperlunya dan jangan digunakan sesuka hati. That is just basic wisdom.

2. Penggunaan essential oil pada ibu hamil dan anak-anak yang masih sangat muda tidak disarankan.

Saya pribadi mengenal dan mengetahui secara persis beberapa teman yangmenggunakan YLEO saat berusaha hamil, sedang hamil, saat melahirkan.  Bahkan ada  yang saat anaknya lahir langsung di annointed dengan essential oil. Saya pribadi menggunakan YLEO mulai dari anak umur 20 bulan. I wish I know about YLEO much earlier!
On behalf of these friends and myself, I think it is safe to say bahwa kami sangat bersyukur how essential oils change our lives.  Ibu-ibu menjalani kehamilan dengan sehat dan nyaman, anak lahir sempurna dan tumbuh besar tanpa pernah tersentuh obat-obatan.

Apa yang orang tidak ketahui dari cerita singkat diatas adalah bagaimana essential oil tsb digunakan. We use our EOs with respect and common sense, and we definetely honor our own comfort level.

Jika teman-teman sebagai seorang ibu dan orang tua percaya dan mau menggunakan essential oil, pastikan ada support system yang dapat membantu membimbing. Tapi jangan pula hanya tergantung kepada support system, also educate yourself.
Jaman sekarang banyak loh informasi tentang apapun di internet, saring dan manfaatkan dengan bijaksana.

3. Mengapa ada orang yang menyarankan untuk mengencerkan EO dengan sangat banyak carrier oil sementara orang lain menggunakannya secara langsung (neat)?

Alasannya karena aliran aromaterapi itu sendiri ada beberapa macam (British, German, French). Setiap aliran mempunyai ajarannya masing-masing and it happens that British Style (yang menganjurkan pengenceran banyak) adalah yang paling populer dan mainstream. Which is GOOD dan tidak seharusnya dipermasalahkan karena inti dari ajarannya adalah untuk menjamin keamanan konsumen.
And with EO, less is more. Mengencerkan dengan banyak carrier oil tidak akan mengurangi efektifitasnya plus jadi tambah irit.

I like my oils neat (French style). Tapi kalau teman-teman tidak merasa nyaman dengan neat oils, by all means please follow your comfort level and dilute your oils

4. Raindrop massage berbahaya untuk anak-anak
Well… sama seperti poin diatas, selalu gunakan EO with respect, common sense and honor your comfort level, termasuk saat menggunakan Raindrop technique.

Raindrop technique diajarkan oleh Gary Young, tidak heran jika umumnya hanya anggota dan pengguna Young Living mempraktekkan teknik ini. And we love it!
Namun diantara para aromatherapist di luar Young Living, harus diakui bahwa teknik ini tidak populer bahkan cenderung dicela karena dianggap sembrono dsb, dsb.

Again, orang-orang yang berpendapat beda dengan saya – karena saya suka sekali dengan RDT, mungkin tidak benar-benar tahu HOW we actually do it.
Most likely mereka hanya menilai dari apa yang terlihat di video, website atau kebetulan apes benar-benar mengalami reaksi tidak menyenangkan dari RDT yang diberikan kepada mereka dengan sembrono.

Raindrop Technique menyarankan untuk meneteskan BEBERAPA TETES essential oil NEAT (secara langsung) ke kulit. Apakah cara tersebut kami ikuti mentah-mentah, terutama untuk anak-anak? NO!
Ada banyak kondisi dan hal-hal yang diperhatikan sebelum memberikan RDT kepada seseorang, tidak hanya mengikuti aturan tanpa pertanyaan.

Again, common sense!!

4. Produk yang sangat bagus seperti essential oil, oleh manusianya dapat dijadikan racun hanya karena sistem bisnis MLM

This statement is… to put it bluntly: reckless, sangat sembrono.
Pengertian yang saya terima saat membaca pernyataan tsb adalah : Bisnis MLM manjadikan orang menjadi jahat dan serakah.

Jika orang berniat jahat, apapun dapat dilakukan, tidak ada hubungannya dengan bentuk bisnis.
Mengapa orang berpikir bisnis MLM jahat dan suka menipu? Banyak kesalahpahaman dan kurangnya pengertian yang benar tentang bentuk bisnis ini. Alangkah baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu sebelum memberikan pernyataan demikian.

5. “EO dibuat sedemikian rupa, partikelnya sangat kecil jadi sangat mudah diserap oleh pembuluh darah.”
     ” … super concentrated makanya SUPER POWERFUL.

Well, yang ini cuma salah bahasa saja sepertinya.
Essential oil tidak dibuat sedemikian rupa SUPAYA berukuran kecil dan mudah diserap. It is NATURALLY  small with very tiny molecules. Juga tidak dibuat menjadi konsentrat, karena EO secara alami memang konsentrat.

I hope this help to clear your confusion

Jika kamu suka artikel ini dan ingin berkomunikasi langsung dengan saya, silakan email yah!  Ingin bergabung sebagai anggota? Klik disini & saya akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.






X