Terlalu mudah percaya, itu saya dulu!
Saat saya mulai mengenalkan pasta gigi ke anak, saya berpikir bahwa saya harus mencarikan pasta gigi yang aman, karena pasta giginya akan tertelan. Dengan naifnya, tanpa membaca label saya percaya saja dan membeli pasta gigi anak komersil. Pikiran saya waktu itu, pasta gigi anak pastilah diformulasikan khusus untuk anak, yang pasti aman tertelan. Selain itu, saya juga beranggapan kalau beli yang import pasti aman. Waktu itu, malas banget rasanya mau mencari tahu apa kandungan pasta gigi anak saya.

Seiring waktu, ketika saya mulai lebih aware dengan gaya hidup sehat, saya mulai  menggunakan Kidscents toothpaste untuk anak-anak saya. Tapi waktu coba pertama kali, saya belum membandingkan kandungannya dengan kandungan pasta gigi komersil.

Kebiasaan di sekolah anak, mereka diminta membawa pasta gigi untuk dipakai setiap hari disekolah. Pikiran pelit saya mulai berbicara. “Kidscents toothpaste kan gede, ntar pencetnya terlalu keras. Ntar dibuang-dibuang sama anak”, dan sebagainya. Jadi saya berniat mencari pasta gigi komersil yang mendekati natural dan nongkronglah saya di rak pasta gigi anak di supermarket. Hampir satu jam saya membanding-bandingkan, dan mengalami kebingungan akut.

Saya menemukan kandungan zat-zat berikut pada pasta gigi yang menurut saya paling sedikit chemical berbahaya-nya:

Flouride
Digunakan agar gigi kuat dan mencegah berlubang, namun efek sampingnya dapat menjadi disruptor endokrin. Bahan ini dapat mengganggu kerja sistem endokrin tubuh— yang bisa membawa dampak negatif terhadap tulang, otak, kelenjar tiroid, kelenjar pineal, dan level gula darah.

Sodium Saccharin
Digunakan sebagai bahan pemanis buatan. Efek sampingnya dapat menyebabkan migrain, sakit kepala, kehilangan daya ingat, kebingungan, insomnia, iritasi, asma, hipertensi, diare, sakit perut, alergi, impotensi dan gangguan seksual, kebotakan, kanker otak, kanker kantung kemih.

Potassium Thiocynate
Digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur. Namun efek sampingnya dapat menyebabkan diare, demam ringan, sakit kepala ringan, mual, sakit perut dan muntah.

Coba teman-teman cek kandungan Kidscents toothpaste di foto atas.
Garganya tidak jauh beda dengan pasta gigi import komersil lainnya, tetapi manfaatnya dan rasa amannya  berbanding jauh.  Makanya nggak heran, banyak yg beralih ke pasta gigi ini.

Ingin membuat perubahan hidup menjadi lebih sehat? Yuk mulai dari hal kecil, dari diri sendiri dan keluarga kita!

#readthelabel #bacalabel #pedulilabel

Artikel ini ditulis oleh Rita Djohar. Jika kamu ingin berkomunikasi langsung dengan Rita, silakan email disini yah!  Ingin bergabung sebagai anggota bersama Rita? Klik disini & kami akan membantu perkenalanmu dengan Young Living dengan dukungan penuh dari komunitas ONE DROP.






X